Final Cut Pro X (FCPX) for Mac OS

Final Cut Pro

Final Cut Pro.  Apakah Anda pengguna Mac? Jika anda pengguna Mac OS, anda pasti tau yang namanya Final Cut Pro. Software merupakan pengolah video profesional khusus Mac OS. Bagi pengguna baru, aplikasi ini sangat mudah digunakan dan dipahami.

FCPX-1

Aplikasi edit video Final Cut Pro merupakan aplikasi yang inovatif dan serbaguna. Sehingga banyak mendapatkan Award dari berbagai majalah komputer ternama dan menjadi salah satu software terbaik untuk editing video profesional.

Sudah banyak film-film Holywood yang memanfaatkan Final Cut Pro. Diantaranya The Social Netword Thanu 2010, The Girl with the Dragon Tattoo Tahun 2011, John Carter tahun 2011, 500 Days of Summer tahun 2009, X-Men Origins: Wolverine tahun 2009, Burn After Reading tahun 2008, No Country for Old Men tahun 2007, 300 tahun 2007, Sky Captain and the World of Tomorrow tahun 2004, Cold Mountain tahun 2003 dan masih banyak lagi.

Final Cut Pro

Saat ini, Final Cut Pro sudah memasuki versi 10.4.3. Banyak fitur yang ditambahkan sesuai dengan kebutuhan, seperti fitur Video 360 (VR) dan HDR Workflow.

FCPX-2

Edit Video 360 (VR)

Kalau pada versi sebelumnya, untuk menampilkan Video 360 (VR=Virtual Reality) pengguna harus menginstall plugin khusus, tapi pada versi terbaru ini, semuanya sudah disiapkan dan pengguna tinggal mengaplikasikan saja.Efek lainnya seperti Blur, Glow Shapen sampai Patch yang berguna untuk menambal bagian tertentu dari video juga sudah tersedia di versi Final Cut Pro X v10.4.

HDR Workflow

Pengolahan video dengan format HDR sangat dibutuhkan dikalangan profesional dan hal tersebut menjadi poin terpenting dalam memilih software editing video. Dan pada FCPX versi 10.4, semua kebutuhan editing profesional sudah disiapkan seperti fitur color grading yang komplit dan detil serta penggunaan fitur LUT yang sangat mudah digunakan.

Baca juga: Microsoft Office for Mac OS

Disamping itu, FCPX v10.4 juga membawa fitur menarik lainnya seperti dukungan format HEVC, mampu engedit video 4K (RAW) dan 8K (ProRes 4444) di perangkat iMac dan Macbook. Bahkan mampu mengimpir timeline iMovie dari perangkat mobile berbasis iOS seperti iPhone dan iPad.

Sayangnya, Aplikasi Final Cut Pro hanya tersedia di Mac OS, tidak tersedia di platform lain seperti Windows dan Android.

Tinggalkan Balasan