Kumpulan Foto-Foto Tentang Pasar

Kumpulan Foto-Foto

Kumpulan Foto-Foto. Pasar merupakan tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi jual beli barang atau jasa. Menurut ilmu ekonomi, pasar berkaitan dengan kegiatannya bukan tempatnya. Ciri khas sebuah pasar adalah adanya kegiatan transaksi atau jual beli. Para konsumen datang ke pasar untuk berbelanja dengan membawa uang untuk membayar harganya.

Stanton, mengemukakan pengertian pasar yang lebih luas. Pasar dikatakannya merupakan orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk berbelanja, dan kemauan untuk membelanjakannya. Jadi, dalam pengertian tersebut terdapat faktor-faktor yang menunjang terjadinya pasar, yakni: keinginan, daya beli, dan tingkah laku dalam pembelian.

Berdasarkan jenisnya pasar terbagi menjadi 2 (dua), yakni pasar tradisional (Pasar Konkret) dan pasar moderen (Pasar Abstrak). Pasar Tradisional (Pasar Konkret) adalah Pasar konkret (pasar nyata) adalah tempat pertemuan antara pembeli dan penjual melakukan transaksi secara langsung. Barang yang diperjualbelikan juga tersedia di pasar. Contohnya, pasar sayuran, buah-buahan, dan pasar tradisional. Pasar Modern (Pasar abstrak atau pasar tidak nyata) adalah terjadinya transaksi antara penjual dan pembeli hanya melalui telepon, internet, dan lain-lain berdasarkan contoh barang. Contohnya telemarket dan pasar modal.

Ada beberapa perbedaan antara pasar tradisional (Pasar Konkret) dan Pasar Modern (Pasar abstrak atau pasar tidak nyata), antara lain :

  1. Produk. Pasar tradisional umumnya menjual bahan makanan segar, namun beberapa pasar juga menjual kebutuhan sandang (pakaian). Intinya adalah pasar tradisional selalu menjual bahan kebutuhan sehari – hari. Pasar modern juga menjual barang kebutuhan sehari–hari, namun banyak juga yang menjual kebutuhan sekunder dan kebutuhan tersier. Jika ke hypermarket, Anda dapat melihat bahwa mereka bukan hanya menjual makanan atau pakaian melainkan juga elektronik, gadget, hingga furniture. Berbagai jenis barang tersedia di pasar modern. Hal inil merupakan salah satu yang membedakan keduanya.
  2. Transaksi. Pasar tradisional menggunakan transaksi langsung antara penjual dan pembeli, mereka bertemu langsung dan terjadi tawar menawar yang seru. Sedangkan di pasar modern, rata-rata sudah menggunakan harga pas sehingga tidak ada tawar menawar. Bahkan, seperti saat ini sudah ada pasar online, sehingga antara pembeli dan penjual tidak perlu bertemu lagi.  Komunikasi terjadi cukup melalui telpon atau chatting via medsos, seperti tokopedia, bukalapak dan lainnya.
  3. Operasional.  Pasar tradisional tidak memiliki waktu operasional. Di kota-kota tertentu bisa buka kapan pun.  Contohnya kalau di Pontianak adalah pasar flamboyan yang mulai buka jam 02.00 pagi. Pasar modern lebih memiliki jam operasional yang tetap. Biasanya jam buka pasar modern adalah jam 10.00-22.00 waktu setempat.
  4. Komsumen. Umumnya di pasar tradisional, konsumen atau pembelinya adalah orang-orang yang tinggal disekitar pasar atau paling jauh sampai batas lingkup kecamatan. Pembeli pada pasar modern umumnya adalah warga setempat dan warga lainnya yang mungkin tidak berasal di daerah tersebut. Hal ini dikarenakan pasar modern terkadang hanya tersedia di beberapa tempat tertentu, contohnya di Pontianak adalah mega mall dan transmart.

Lihat juga Foto-Foto lainnya.

Lihat video youtube dari baver007 disini. Jangan Lupa Like dan Subscribe.

Kumpulan Foto-Foto

Kumpulan Foto-Foto Tentang Pasar

Desember 2018
SSRKJSM
« Okt  
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31 

Tinggalkan Balasan