Pembelahan Kayu Log di Sawmill Modern

Pembelahan Kayu Log

Pembelahan Kayu Log.  Kayu adalah bagian batang atau cabang serta ranting tumbuhan yang mengeras karena mengalami lignifikasi (pengayuan). Kayu digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari memasak, membuat perabot (meja, kursi), bahan bangunan (pintu, jendela, rangka atap), bahan kertas, dan banyak lagi. Kayu juga dapat dimanfaatkan sebagai hiasan-hiasan rumah tangga dan lain sebagainya.

Pembelahan Kayu Log di Sawmill Modern

Pembelahan Kayu Log.  Dalam dunia pertukangan, kayu-kayu besar atau dikenal dengan nama kayu log dibelah menggunakan mesin gergaji pita. Disebut gergaji pita karena bilah gergaji terbentuk dari lembaran baja tipis yang panjang dan disambung menjadi bentuk lingkaran seperti tali pita. Dengan mesin ini bisa dilakukan pembelahan pada kayu log dengan ukuran ∅ (diameter) sebesar mungkin.

Berdasarkan posisi pembelahan, ada 2 jenis gergaji pita, yaitu horisontal dan vertikal, dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jenis yang lebih murah dan mudah dalam operasional adalah jenis vertikal. Jenis vertikal ini hanya kayu log yang diletakkan pada dudukannya yang bergerak, sementara gergajinya diam. Sedangkan jenis horisontal, gergajinya yang bergerak.

Jenis vertikal memiliki metode pembelahan lebih banyak daripada horisontal. Dan jenis horisontal memiliki ketebalan hasil penggergajian yang terbatas. Karena kalau terlalu tebal akan beresiko bilah gergaji terjepit papan belahan. Berbeda dengan jenis vertikal yang tidak memiliki resiko tersebut.

Pada setiap area sawmill, pasti terdapat mesin gergaji belah (circle saw) minimal satu pada 2-3 mesin gergaji pita. Apabila anda memiliki sawmill tapi tidak menempatkan mesin circle saw di dalamnya, sebaiknya dipertimbangkan untuk memiliki minimal satu mesin.

Pembelahan Kayu Log.  Mesin ini sangat efektif dan membantu proses kerja lebih cepat terutama pada pembelahan log yang besar. Papan-papan lebar dari pembelahan bisa segera dibelah untuk ukuran lebih kecil menggunakan mesin circle saw dan segera diletakkan sesuai ukuran yang dibutuhkan. Daripada mengeringkan papan yang masih lebar, akan lebih cepat apabila papan dibelah lagi dengan ukuran yang lebih kecil. Hali ini memang bisa mengurangi kapasitas muat ruang KD, tapi hasilnya akan lebih baik untuk kualitas kayu.

Video lainnya dapat dilihat disini.

1 tanggapan pada “Pembelahan Kayu Log di Sawmill Modern”

  1. Pingback: Militer Terkuat Di Dunia, dari sisi anggaran & kepemilikan peralatan tempur

Tinggalkan Balasan