Perbedaan Jaman Dulu dan Sekarang

Jaman dulu dan sekarang

Anak Jaman Dulu dan Sekarang sangat berbeda yang diakibatkan oleh kemajuan teknologi. Padahal kemajuan jaman dalam hal teknologi, seharusnya berpengaruh positif. Tinggal kita, bagaimana mendidik anak-anak kita agar kemajuan teknologi membawa manfaat yang lebih besar.

Jaman Dulu dan Sekarang

Faktanya anak Jaman dulu dan sekarang pasti berbeda. Beda dalam segala hal. Jadi kita tidak bisa membandingkan keadaan, dulu sewaktu kita di didik dengan kedua orang tua kita dengan anak jaman sekarang.

lihat juga video di youtube

Setidaknya ada perbedaan anak jaman sekarang dan zaman dulu, perbedaan dengan anak generasi dulu sebagai berikut:

1. Keberanian untuk mengungkapkan pendapat.

Jaman dulu dan sekarang ada sebuah pergerseran tradisi pada anak generasi sekarang jika dulu mereka lebih aktif mengungkapkan pendapat mereka sedangkan anak jaman sekarang lebih pendiam atau dipendam  untuk berpendapat. Anak jaman dulu lebih berani itu hal apa pun dan sedangkan anak jaman sekarang lebih pemalu dan penakut.

2. Kebudayaan

Pada saat anak jaman dulu lebih melestarikan tarian (poco-poco, piring) daerah masing-masing biar gak punah, sedangkan anak zaman sekrang mereka lebih suka tarian (dance) orang barat di bandingkan tarian kita sendiri atau lebih tepatnya tarian Indonesia. Sedangkan orang barat lebih memilih belajar tarian orang Indonesia.

3. Pergaulan

pada anak jaman dulu mereka sering tidak keluar malam sedangkan anak zaman lebih suka pulang malam dan mereka tidak di tegur dengan orang tua mereka. Anak zaman dulu mereka main di rumah sedangkan anak zaman sekarang mereka lebih sering keluar ke Mall, Salon, Mcd dll. Pada saat anak zaman dulu mereka sering bermain permainan daerah (petak umpat, dakon, bekel, lompat tali,gobak sodar, dan engkle) dan sedangkan anak zaman sekarang mereka lebih main gatged, game, dance dan gaya pakaian yang tren orang barat.

4. Perbedaan tipe makanan

Makanan dulu itu lebih alami dan tidak menimbulkan penyakit kronis sedangkan makanan sekarang banyak mengandung bahan kimia.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan, bahwa terdapat perbedaan yang sangat singnifikan antara kehidupan anak zaman dahulu dan zaman sekarang.  Kehidupan masyarakat saat ini banyak dipengaruhi oleh perkembangan dunia mulai dari kebudayaan, pergaulan, serta strata sosial. Maka kita harus selalu membentengi diri sendiri dan orang lain agar tidak terjerumus dalam hal-hal negatife yang bisa merugikan banyak pihak.

lihat artikel lain disini

Tinggalkan Balasan