Parkour dan Kesehatan : Sebuah Analisa

Parkour dan Kesehatan

Parkour dan Kesehatan.  Parkour adalah aktivitas yang bertujuan untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya, dengan efisien dan secepat-cepatnya, menggunakan prinsip kemampuan badan manusia. Itu berarti untuk menolong seseorang melintasi rintangan, yang bisa berupa apa saja di sekitar lingkungan.  Mulai cabang-cabang pohon dan batu-batuan hingga pegangan tangan dan tembok beton yang bisa dilatih di desa dan di kota.

Sebenarnya Parkour sudah ada sejak dulu sebelum manusia mengenal kata “Parkour” itu sendiri. Tapi Parkour dideskripsikan dan dikenalkan ke seluruh dunia oleh seorang pria berkebangsaan Perancis yang dikenal dengan nama David Belle. Dialah yang telah memperkenalkan olahraga ini ke seluruh dunia yang awalnya hanya berkembang di Perancis. Sehingga akhirnya berkembang ke seluruh daratan Eropa dan akhirnya menyebar ke seluruh dunia.

Terinspirasi dari ayahnya, Raymond Belle seorang tentara Perancis yang akhirnya bergabung dengan sapeurs-pompiers (pemadam kebakaran militer). Lahir di tengah keluarga pemadam kebakaran membuat David terinspirasi dengan cerita-cerita tentang kepahlawanan. Saat berumur 16 tahun, David memutuskan meninggalkan sekolah mencari kecintaannya akan kebebasan, aksi, dan mengembangkan kekuatan dan ketangkasan yang dimilikinya.

Parkour dan Kesehatan : Manfaat

Membentuk Tubuh.  Gerakan membutuhkan fisik yang sangat kuat dan juga bagus, karena olahraga parkour akan membutuhkan kekuatan dari otot-otot. Tubuh Anda akan lebih baik, pada bagian otot tangan, kaki, perut, dada, paha dan lengan akan terlatih dan terbentuk. Sehingga tubuh kamu akan berbentuk menjadi badan yang lebih profesional dan membuat tubuh lebih bugar.

Melatih Ketangkasan.  Ketangkasan sangat diperlukan untuk melewati rintangan-rintangan yang ada, oleh karena itu olahraga parkour dituntut untuk Anda memiliki ketangkasan, berpikir cepat dan membuat tubuh Anda bergerak cepat juga, dan lebih optimal. Ketangkasan akan didapatkan dengan latihan yang optimal.

Memperkuat jantung. Tubuh yang aktif bergerak, akan membuat stamina juga meningkat, hal ini akan memberikan efek positif yaitu dapat meningkatkan jantung agar lebih kuat, dan tentunya membuat fungsi jantung menjadi lebih efektif. Jika jantung sehat maka seluruh tubuh akan sehat, sebab jantung adalah salah satu organ vital di dalam tubuh. Jadi dengan rajin melakukan olahraga ini maka Anda akan mendapatkan hasil parkour bagi kesehatan dengan maksimal.

Meningkatkan Percaya Diri. Identik dengan keberanian dalam menaklukan rintangan, seperti loncat gedung, memanjat tembok, bergelantungan dan hal lainnya yang memacu adrenalin. Kepercayaan diri itu meningkat jika Anda berhasil menaklukkan setiap rintangan.

Melatih Kemampuan Motorik. Kemampuan motorik Anda akan aktif semakin baik, yang bersama dengan meningkatnya kemampuan konsentrasi dalam hal kecepatan dan ke efektifan. Hal itulah yang akan membuat tubuh Anda semakin lebih baik. Anda akan merasakan perubahan yang signifikan pada motorik di tubuh Anda.

Menurunkan Berat Badan. Merupakan olahraga yang cukup efektif untuk menurunkan berat badan. Kalori dalam tubuh akan terbakar lebih merata dan hanyak karena tubuh yang aktif bergerak akan mempercepat pembakaran lemak lebih merata dan efektif. Olahraga ini patut dicoba agar menjaga berat badan Anda lebih optimal.

Parkour dan Kesehatan. Tentunya manfaat parkour bagi kesehatan bukan hanya itu, masih banyak lagi manfaat lainnya. Selamat berlatih.

Baca juga artikel lainnya disini.

 

 

 

Tinggalkan Balasan