Propinsi Kepulauan Riau : Sejarah Terbentuknya

Kepulauan Riau

Propinsi Kepulauan Riau : Sejarah Terbentuknya

Kepulauan Riau merupakan salah satu Propinsi yang dibentuk pada tahun 2002. Secara umum, sejarah terbentuknya adalah sama dengan Propinsi Riau. Karena memang antara kepulauan Riau dan Riau sendiri dulunya adalah satu propinsi, yaitu Propinsi Riau.

Sedikit kilas balik sejarah Kepulauan Riau.  Pertama kali bergabung dengan Indonesia, Riau-Lingga masuk dalam wilayah administratif Sumatera Tengah. Selanjutnya Sumatera Tengah  dibagi menjadi Sumatera Timur, dan akhirnya menjadi propinsi sendiri yaitu Propinsi Riau. Propinsi Riau awalnya beribukota di Tanjung pinang dan dengan berbagai pertimbangan, terutama pertimbangan populasi dan hasil bumi, akhirnya ibukota Riau dipindahkan dari Tanjung Pinang ke Pekanbaru.

Kepulauan Riau

Sejak saat itu status Tanjung pinang yang awalnya adalah sebuah Ibukota Propinsi turun satu tinggat menjadi Ibukota Kabupaten, yaitu Kabupaten Kepulauan Riau.

Propinsi Kepulauan Riau atau biasa disebut Propinsi Kepri, adalah hasil pemekaran dari Propinsi Riau, berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 tahun 2002.  Namun, pembentukan itu tidak serta merta mulus terjadi. Karena pada saat itu, untuk membentuk suatu propinsi baru harus mendapat Rekomendasi Gubernur Riau sesuai UU No.22 Tahun 1999 pasal 115 dan PP No. 129 Tahun 2000.  Sedangkan Gubernur Riau tidak pernah mengeluarkan rekomendari tersebut.

Mendagri merujuk surat wakil ketua DPR No. KD.02/1009/DPR-RI/2002 tanggal 19 Februari 2002 mengenai hasil rapat Badan Musyawarah DPR 7 Februari 2002 yang memutuskan agar Mendagri meminta Gubenur Riau segera mengusulkan secara tertulis pembentukan Propinsi Kepri.  Namun, hingga terbentuknya Propinsi Kepri, Gubenur Riau tidak pernah membuat persetujuan tersebut. “ Mendagri meminta Gubenur Riau segera mengusulkan secara tertulis pembentukan Provinsi kepri.” 

Sekalipun sudah disahkan secara hukum menjadi propinsi, peresmian Kepri sebagai propinsi baru yang ke-32, baru dilaksanakan tanggal 1 Juli 2004 oleh Menteri Dalam Negeri (waktu itu Hari Sabarno) atas nama Prsiden RI Megawati Soekarno putri.

Propinsi Kepri merupakan propinsi ke-32 di Indonesia, terdiri dari dua kota dan lima kabupaten, yaitu Kota Batam, Kota Tanjung pinang, Kabupaten Lingga, Kabupaten Karimun, Kabupaten Bintan, Kabupaten Natuna dan Kabupaten Anambas.

Secara keseluruhan wilayah Kepulauan Riau memiliki 2.408 pulau besar dan kecil,  30% pulau belum memiliki nama dan belum berpenduduk. Adapun wilayah Kepulauan Riau memiliki luas 8.201,72 km² dan 95% merupakan lautan, sisanya sebanyak 5% merupakan daratan.

Propinsi ini berbatasan dengan Vietnam dan Kamboja di sebelah utara; Malaysia dan provinsi Kalimantan Barat di timur; provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Jambi di selatan; Negara Singapura, Malaysia dan propinsi Riau di sebelah barat.

Baca juga propinsi lainnya disini.

Tinggalkan Balasan