Propinsi Papua Barat : Sejarah Terbentuknya​

Propinsi Papua Barat

Propinsi Papua Barat. Papua Barat merupakan salah satu propinsi di Indonesia.  Propinsi ini dibentuk berdasarkan UU Nomor 45 Tahun 1999 tentang  pembentukan Propinsi Irian Jaya Barat, Propinsi Irian Jaya Tengah, Kabupaten Mimika, Kabupaten Paniai, Kabupaten Puncak Jaya, dan Kota Sorong. Didukung juga dari SK DPRD Propinsi Irian Jaya Nomor 10 Tahun 1999 tentang pemekaran Propinsi Irian Jaya menjadi tiga propinsi. Pada dasarnya, nama awal Propinsi Papua Barat adalah Irian Jaya Barat.

Presiden B.J. Habibie mengumumkan rencara pemekaran  propinsi menjadi tiga pada tanggal 1 Oktober 1999. Namun warga papua di Jayapura menolak dengan demonstrasi akbar pada tanggal 14 Oktober 1999.  Akhirnya pemekaran propinsi ditangguhkan, tapi untuk pemekaran kabupaten tetap dilakukan sesuai Undang-Undang diatas. 

Propinsi Papua Barat

Akhirnya, atas penangguhan pemekaran propinsi tersebut, pada tahun 2002 masyarakat Irian Jaya Barat diwakili TIM 315 meminta agar pemekaran propinsi diaktifkan kembali.  Atas dasar tersebut, diterbitkan Inpres Nomor I Tahun 2003, tanggal 27 Januari 2003, tentang Pemekaran Irian Jaya Barat kembali diaktifkan.

Sejak itu, Propinsi Irian Jaya Barat mulau berbenah menjadi propinsi yang definitif.  Sebagai propinsi induk, Papua sangat keberatan dan mengajukan uji materiil ke Mahkamah Konstitusi. Dan berakhir dengan pembatalan Undang-Undang Nomor 45 Tahun 1999 sebagai payung hukum terbentuknya Propinsi Irian Jaya Barat.  

Walaupun UU No. 45 Tahun 1999 dicabut, keberadaan Propinsi Irian Jaya Barat tetap diakui.

Dan sistem pemerintahannya terus dilengkapi sampai memiliki wilayah yang jelas, penduduk, aparat pemerintahan, anggaran, anggota DPRD serta memiliki Gubernur & Wakil Gubernur defitif Abraham O. Atururi dan Drs. Rahimin Katjong, M.Ed yang dilantik pada tanggal 24 Juli 2006. Dan berubah nama menjadi Propinsi Papua Barat sesuai PP Nomor 24 Tahun 2007.

Propinsi ini  beribukota di Sorong, dengan Luas Wilayah 97.024,27 Km2, Jumlah Penduduk  1.008.443 Jiwa, dan meliputi 10 Kabupaten, 1 Kota, 160 Kecamatan, 78 Kelurahan dan 1295 Desa.  Dengan batas-batas wilayah sebelah timur berbatasan dengan Propinsi Papua, sebelah Selatan dengan laut Banda, sebelah Barat dengan laut Seram, Propinsi Maluku dan sebelah Utara dengan Samudera Pasifik.

Papua Barat merupakan propinsi kedua di Irian Jaya dan propinsi ke-31 di Indonesia.

Artikel tentang propinsi-propinsi di Indonesia silahkan baca disini.

Tinggalkan Balasan