Robocop Thriller Series

Robocop Thriller Series

Robocop Thriller Series. Mengenang era 80-an, ternyata sudah banyak film-film bergenre fiksi ilmiah yang dibuat, seperti Robocop, back to the future, her dan lainnya.  Kali ini saya akan mereview film Robocop. Film ini bercerita tentang seorang manusia yang mengalami kecelakaan dan di operasi menjadi setengah robot dan setengah manusia (cyborg).  Untuk lebih lengkapnya, saya akan mereview satu persatu film robocop yang sudah beredar sejak tahun 1987.

Robocop Thriller Series

1. ROBOCOP I-1987

Robocop Thriller Series. RoboCop adalah sebuah film fiksi ilmiah yang bercerita mengenai kota Old Detroit dengan tingkat kriminalitas tinggi. Akibatnya, berdampak pada pihak kepolisian yang harus bekerja keras membasminya.  Sekeras apapun pihak kepolisian bekerja, tetap saja kejahatan tak bisa dikendalikan.  Dan akhirnya sebuah perusahaan OCP (Omni Consumer Products) bermaksud membuat sesuatu yang baru, yaitu membuat robot untuk menangkap pelaku kriminal.

Tapi ternyata, dengan kehadiran robot tersebut, malah membuat keadaan semakin parah. Robot tidak terkendali dan membunuh salah satu pejabat pemerintah. Artinya robot tersebut masih jauh dari layak untuk diterjunkan ke jalan menjaga keamanan dan menangkap para pelaku kriminal.

Dalam tubuh pihak kepolisian Detroit, ada seorang polisi yang memiliki dedikasi tinggi. Dia seorang polisi yang baik, dan tak pernah berhenti dalam mengangkap para pelaku kriminal. Dia bernama Alex Murphy yang diperankan oleh Peter Weller.

Sampai akhirnya pada suatu malam, Alex Murphy akan menangkap sebuah kelompok kriminal. Ternyata kelompok kriminal ini mengeroyok Alex hingga tewas dan dikenang sebagai polisi yang terhormat.  Mendengar kematian Alex, pihak OCP tidak menyia-nyiakan kesempatan. Karena Alex merupakan polisi yang baik dengan dedikasi tinggi, maka pihak OCP akhirnya menjadikan tubuh Alex sebagai percobaan dan penelitian. Maka terciptalah Robocop yaitu setengah manusia dan setengah robot yang terbuat dari tubuh Alex Murphy. Dengan kehadiran Robocop ini, tingkat kriminalitas di Detroit menurun tajam.

Namun masalah lain muncul, manakala Alex Murphy sebagai manusia ingat akan keluarganya. Itulah kehebatan film Robocop I, yang ditata dengan apik oleh Paul Verhoeven sebagai Sutradara.

2. ROBOCOP II-1990

Robocop Thriller Series. Sukses dengan Robocop I-1987, film robocop dilanjutkan dengan Robocop II-1990. Kesuksesan Robocop dalam menumpas tindak kriminal di kota Detroit, membuat OCP semakin mengembangkan penelitiannya.  Kota Detroit akhirnya menjadi kota yang aman.

Namun, disisi lain, dengan kehadiran Robocop, banyak polisi yang nganggur sehingga membuat mereka resah.  Banyak polisi muda yang dipensiunkan dan gajinya dipotong. Tentu saja, para polisi ini protes dan menentang proyek OCP.  OCP tidak tinggal diam dan mengalihkan isu dan opini publik untuk mendukung proyek Robocop II.

OCP mengekspos kegagalan-kegagalan polisi dalam melindungi masyarakat dari kejahatan.  Sementara Robocop berhasil menjalankan tugasnya dalam melindungi masyarakat dari tindak kejahatan.  Hal tersebut, tentu membuat keadaan kota Detroid menjadi kacau, dan dimanfaatkan oleh para pelaku kriminal untuk beraksi. Pada saat inilah, kembali Robocop beraksi menumpas dan menangkap para pelaku kriminal hingga suasana kota menjadi aman kembali.

3. ROBOCOP III-1993

Robocop Thriller Series. Pada seri III ini, Robocop diperankan oleh Robert John Burke. Pada seri ini, Robocop berteman dengan seorang yatim piatu bernama Nikko. Nikko ahli dalam bidang komputer dan berhubungan dengan kelompok militer bawah tanah.  Kelompok ini mencoba membangun keluarga miskin perkotaan yang terbentuk setelah OCP menampung mereka untuk rencana pembangunan Delta City diatas tanah Detroit Cadillac Heights.

Dalam masa kebangkrutannya, OCP menbuat angkatan bersenjata yang bernama Rehabilitasi Perkotaan dibawah pimpinan Paul McDaggett. Tujuannya adalah memerangi kejahatan yang semakin meningkat di Detroit Old City. Pada kenyataannya, OCP memiliki rencana lain, dengan alasan memerangi kejahatan untuk meningkatkan keamanan di kota Detroit.

Tapi faktanya, OCP memaksa merelokasi penduduk Cadillac Heights hingga beberapa orang penduduk (termasuk ayah Nikko) terbunuh.  Pada seri ini juga Robocop bertemu dengan Dr Marie Lazarus yang membuatnya. Dr Marie Lazarus keluar dari OCP karena kecewa dengan organisasinya.

Pada akhirnya, saham OCP mayoritas dimiliki oleh seorang aibatsu Jepang, Kanemitsu Corporation.  Kanemitsu Corporation melihat peluang untuk membangun kembali Detroit City dan berniat membunuh atau menyingkirkan seluruh warga yang ada dengan caranya sendiri.  Perusahaannya menggunakan robot ninja hasil produksinya sendiri yang diberi nama Otomo untuk membubarkan dan memusnahkan perlawanan anti OCP.

Dalam masa-masa kritis, Robocop hadil menyelamatkan penduduk Detroid dengan bantuan Nikko dan Lazarus.

4. ROBOCOP IV-2014

Robocop Thriller Series. Robocop 2014 bukan merupakan kelanjutan dari Robocop sebelumnya, melainkan sebuah pengulangan dari Robocop 1987 tapi dengan teknologi yang lebih baru dan alur cerita yang lebih kompleks.

Sama dengan Robocop I dimana Alex Murphy yang diperankan oleh Joel Kinnaman adalah seorang polisi yang baik dengan dedikasi tinggi. Alex melawan penjahat penjual senjata dan terlibat baku tembak. Hingga Alex mengalami luka yang tak mungkin diselamatkan.  Dengan persetujuan istrinya, akhirnya Alex dilengkapi dengan tubuh Cybernetic dan perangkat lunak. Awalnya, Alex menolak kehadiran tubuh barunya, tapi akhirnya berusaha menerima setelah dikuatkan oleh Norton, demi anak dan istrinya.

Dengan teknologi era millenium, penampilan Robocop jauh lebih realistic dan mengagumkan. Pada Robocop 2014 ini, cerita lebih mementingkan cerita humanisnya daripada pertarungan Robocop melawan musuh bebuyutannya ED-209.  Tapi, tetap saja, film ini layak untuk ditonton bersama keluarga.

Demikian sinopsis film Robocop 1987-2014. Bahwa pada dasarnya, sejak era 80-an, manusia sudah berpikir tentang masa depan. Sebagian teknologi dari film Robocop sudah terealisasi pada era millenial. Akankah semuanya dalam dipraktekkan dalam dunia nyata…?? Kita tunggu.

Thriller film lainnya silahkan tonton disini.

Tinggalkan Balasan