Sejarah Kraksaan, Probolinggo, Jawa Timur

Sejarah Kraksaan

Sejarah Kraksaan. Nama Kraksaan sebetulnya tidak lepas dari asal usul Kabupaten Probolinggo. Menurut cerita masyarakat, Kraksaan sebetulnya merupakan perubahan ucap dari “Krasan” yang artinya betah, dimana pada waktu Hayam Wuruk merasa betah selama beristirahat di wilayah ini. Semenjak saat itu, wilayah ini disebut Krasan, Kraksan, dan beralih ucap menjadi “Kraksaan”. Pada tahun 1800-an, Kraksaan merupakan sebuah kabupaten yang membawahi beberapa wilayah mulai dari Dringu sampai Paiton yang dibuktikan adanya peta kuno jaman Hindia Belanda. Seiring perubahan pemerintahan, Kabupaten Kraksaan dilebur menjadi Kabupaten Probolinggo karena pusat pemerintahan dipindah ke Kota Probolinggo.

Baca juga Sejarah Kabupaten Probolinggo Jawa Timur

Sejarah Kraksaan, Probolinggo

Kraksaan adalah sebuah kecamatan sekaligus kota kecil yang juga merupakan pusat administrasi Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Saat ini Kraksaan sudah menjadi ibukota kabupaten Probolinggo yang disahkan negara melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 02 tahun 2010 tertanggal 5 Januari 2010. Kraksaan berjarak 27 km ke arah timur Kota Probolinggo. Pengembangan ekonomi, pendidikan, dan tata ruang mulai dilaksanakan dengan memindahkan hampir semua gedung pemerintahan dari Kota Probolinggo dan Kec. Dringu ke Kec. Kraksaan.

Baca Juga Sejarah Kota Probolinggo Jawa Timur

Pemerintahan

Sebagai Ibukota Kabupaten Probolinggo, gedung-gedung pemerintahan sudah berada di wilayah ini seperti Gedung DPRD, Gedung Polres Probolinggo, Pengadilan Negeri, Kejaksaan Negeri, Komisi Pemilihan Umum, Sekretariat Daerah, dan instansi kedinasan. Kecamatan ini terbagi atas 13 desa dan 5 kelurahan, yaitu sebagai berikut:

DesaKelurahan
1.Desa Bulu1.Kelurahan Kandang Jati Kulon
2.Desa Asembakor2.Kelurahan Sidomukti
3.Desa Kregenan3.Kelurahan Patokan
4.Desa Rangkang4.Kelurahan Kraksaan Wetan
5.Desa Alassumur Kulon5.Kelurahan Semampir
6.Desa Sumberlele  
7.Desa Tamansari  
8.Desa Kebonagung  
9.Desa Asembagus  
10.Desa Kalibuntu  
11.Desa Kandangjati Wetan  
12.Desa Rondokuning  
13.Desa Sidopekso  

Demikian sejarah singkat Kota Kraksaan yang saat ini telah menjadi Ibukota Kabupaten Probolinggo.

Terima kasih semuanya.

Admin

1 tanggapan pada “Sejarah Kraksaan, Probolinggo, Jawa Timur”

Tinggalkan Balasan