The Terminator Thriller Series-Box Office

The Terminator Thriller Series

The Terminator Thriller Series. Terminator adalah sebuah film aksi dan fiksi ilmiah yang disutradarai oleh James Cameron dan dibintangi oleh Arnold Schwarzenegger di produksi dari tahun 1984-2015.  Terdiri dari 5 film yang menceritakan bahwa bumi dikuasai oleh sekumpulan robot berbadan manusia. Tokoh utamanya adalah John Connor diperankan oleh Arnold Schwarzenegger yang menentang keberadaan robot-robot tersebut.

The Terminator Thriller Series

Dari semua film tersebut, menceritakan bagaimana robot-robot menguasai bumi dan dilawan oleh John Connor. Karenanya robot-robot tersebut, melalui perjalanan waktu, berusaha membunuh Sarah Connor (ibu John Connor) pada tahun 1984 (Film ini berlatar belakang tahun 2029), dengan asumsi, kalau ibunya dibunuh sebelum kelahiran John Connor, maka penentang robot tersebut takkan pernah lahir.  Untuk lebih lengkapnya, mari kita simak ulasan satu persatu dari film the terminator ini.

1. The Terminator (1984)

The Terminator Thriller Series. Film ini berlatar belakang tahun 2029, setelah terjadi perang nuklir yang hampir menghancurkan kehidupan bumi dan memusnahkan manusia.  Pada saat itu, dunia dikuasai oleh Skynet, komputer pintar yang mampu menciptakan robot layaknya manusia.

Skynet menciptakan robot bernama T-800 (diperankan oleh Arnold Schwarzenegger) yang bersosok layaknya manusia dan bahkan tidak dapat dibedakan dengan manusia biasa. Robot T-800 dikirim oleh Skynet ke tahun 1984 dengan tujuan membunuh Sarah Connor.  Sarah Connor nantinya akan memiliki anak yang bernama John Connor, seorang manusia yang akan memimpin pemberontakan melawan Skynet dimasa depan.

Robot T-800 berupaya semampunya untuk membunuh Sarah Connor. Namun sayang, T-800 gagal.  Sarah Connor dilindungi oleh Kyle Reese, yang merupakan ayah dari John Connor.  Mereka berjuang mati-matian dari serangan T-800. Sampai pada akhir cerita, T-800 berhasil dikalahkan oleh Sarah dan Kyle.

2. Terminator 2 – Judgment Day (1991)

The Terminator Thriller Series. Berlatar belakang tahun 1995, film ini menceritakan kelanjutan Terminator I (1984).  Adalah Sarah Connor yang telah berhasil lolos dari serangan T-800 dan saat ini telah memiliki anak berumur 10 tahun yang diberi nama John Connor.  John Connor nantinya akan menjadi pemberontak melawan Skynet, sang  robot jahat penguasa bumi.

Pada Terminator Judgment Day, komputer pintar, Skynet, kembali mengirimkan robot T-1000  (diperankan Robert Patrick) untuk membunuh Sarah Connor dan anaknya John Connor. Robot T-1000 adalah robot yang terbuat dari logam cair. Dia mampu beradaptasi/meniru bentuk apapun dan bahkan mampu meniru rupa manusia hanya dengan menyentuhnya.  Ini membuatnya lebih berbahaya daripada robot T-800.

Para pemberontak yang melawan Skynet pun tak tinggal diam, mereka juga mengirimkan robot T-800 (diperankan Arnold Schwarzenegger) untuk melindungi Sarah & John.
Sementara itu, karena kejadian pada Terminator 1984, Sarah Connor dianggap gila dan dimasukkan ke rumah sakit jiwa sebagai penjahat yang terganggu pikirannya, karena meledakkan pabrik komputer.

Terminator 2 – Judgment Day (1991)

Satu ketika, John diserang oleh Terminator T-1000 yang menyamar sebagai polisi dan diselamatkan oleh T-800.  Sejak saat itu, John sadar, berarti ibunya tidak gila.  John dibantu T-800 menyelamatkan Sarah di rumah sakit jiwa.  Mereka menyelamatkan Sarah sebelum T-1000 menemukannya.

T-800 menceritakan, bagaimana dimasa depan, Skynet menguasai bumi dan menghancurkan semua manusia dengan perang nuklir. Manusia yang masih biologi diburu dan dibunuh, agar tidak ada lagi yang menggangu dan memberontak.  Skynet berhasil secara global menguasai manusia.

Pertarungan seru antara T-1000 dan T-800 dalam film ini sangat menegangkan, yang akhirnya dimenangkan oleh T-800. Robot T-800 berhasil meledakkan granat ke arah T-1000 dan terjatuh ke lubang pembakaran besi.  Dan selamatlah Sarah dan John Connor dari serangan T-1000.

3. Terminator 3 – Rise of the Machines (2003)

The Terminator Thriller Series. Terminator : Rise of the Machines masih melanjutkan kisah sebelumnya. John Connor menginjak Dewasa. Setelah kematian ibunya, Sarah Connor, dia hidup tak menentu tanpa pekerjaan tetap.

Sama seperti kisah sebelumnya, Skynet kembali mengirimkan Robot TX (diperankan Kristina Lokken), yang memiliki kemampuan jauh diatas T-1000. Penampilan TX tidak menyeramkan, melainkan robot seksi dengan segudang kemampuan. Misinya adalah membunuh John Connor dan rekan-rekan seperjuangannya, termasuk membunuh Kate Brewster yang nantinya akan menjadi istri Joh Connor.

Kate Brewster adalah anak dari Marsekal Madya Robert Brewster, perancang Skynet yang berusaha membunuh semua manusia untuk menguasai bumi.  Seperti juga pada kisah sebelumnya, para pemberontak Skynet mengirimkan T-800 (tetap diperankan Arnold Schwarzenegger) untuk menyelamatkan John Connor dan rekan-rekannya dari serangan TX.

Pada seri tiga ini masih bercerita tentang misi penyelamatan John Connro dari serangan TX, robot kiriman Skynet dimasa depan.

4. Terminator IV-Salvation (2009)

The Terminator Thriller Series. Diawali dengan adanya seorang terpidana mati, Marcus, pada tahun 2003 dimana tubuhnya dipersembahkan untuk penelitian sains. Selanjutnya, melompat ke tahun 2018, dimana John Connor (diperankan Christian Bale) sudah dewasa dan memimpin pergerakan melawan Skynet. Penduduk bumi hampir punah akibat serangan nuklir dari Skynet yang semakin tidak terkendali. Sebagian manusia yang masih bertahan membentuk kelompok untuk memberontak terhadap Skynet.

Dimata para pemberontak, John Connor adalah seorang penyelamat dunia, karena Dia adalah satu-satunya yang selamat dari serangan pasukan robot Skynet.  Selanjutnya, John Connor kembali ke markas dan mulai mengembangkan senjata untuk menyerang Skynet.

Marcus yang sebelumnya dihukum mati pada tahun 2003, kembali muncul di Los Angeles pada tahun 2018 dan bertemu dengan Kyle Reese, ayah John Connor dan bersama-sama menuju markas John Connor. Dalam perjalanan kembali ke markas, Kyle ditangkap oleh robot Skynet. Harapannya, kalau Kyle ditangkap dan dibunuh, maka John Connor tidak akan pernah lahir sehingga pemberontakan tidak akan pernah terjadi. Skynet Menang.

Akhirnya Marcus kembali ke markas sendirian, daan dalam perjalanannya menuju markas, Markus bertemu dengan pilot wanita yang selamat dari serangan Skynet.  Setelah hampir sampai, Markus terkena ranjau magnetic yang ditujukan untuk melindungi markas. Markus diselamatkan oleh para pemberontak dan sangat mengejutkan bagi John Connor, ternyata Markus adalah Cyborg. Setelah dihukum mati, tubuhnya dijadikan bahan penelitian mengubah markus menjadi manusia mesin, setengah manusia dan setengah robot.

Terminator IV-Salvation (2009)

Dalam keterkejutannya, Blair meyakinkan John Connor bahwa Markus dapat membantu menyelamatkan Kyle. John Connor & Markus bersepakat untuk menyelamatkan Kyle dengan menyusup ke markas Skynet. Penyelamat harus dilakukan, sebelum terjadi serangan besar-besaran ke markas Skynet.

John lolos masuk ke markas skynet berkat bantuan Markus dan akhirnya dia sadar, bahwa selama ini dia telah diperalat oleh Skynet.  Saat John berhasil masuk dan menyelamatkan Kyle, Markus pun ikut membantu dan akhirnya muncullah T-800 menyerang John dan Markus.

John berhasil menolong Kyle dan bersama-sama meledakkan markas Skynet. Tapi John tertusuk jantungnya dan hampir mati. Dan Markuslah yang menolong John dengan menyerahkan jantungnya kepada John, agar dapat melanjutkan perjuangan menumpas Skynet.

5. Terminator V-Genisys (2015)

The Terminator Thriller Series. Kisah John Connor Terminator Genesys membawa para pemberontak Skynet menuju akhir perjuangan. Skynet hampir berhasil ditaklukkan. Mengetahui dirinya akan kalah, Skynet mengirim T-800 ke tahun 1984. Tapi, John Connor juga tak tinggal diam. Dia mengirim Kyle ke tahun 1984.

Tapi, keadaan tahun 1984 jauh berbeda dengan yang dikatakan John. Garis waktu berubah, yang awalnya Kyle ditugaskan melindungi Sarah, ternyata berbalik. Justru Kyle lah yang dilindungi oleh Sarah.  Sarah berjuang bersama T-800 yang sudah menyelamatkannya sejak berumur 9 tahun.

Di tahun 1984 Kyle Reese kebingungan, karena situasi sudah berubah. Untunglah dia sempat mengingat masa kecilnya pada tahun 2017, saat dia melintasi waktu tersebut. Ia mengingat bahwa Sarah Connor menyelamatkan dirinya dan keluarganya.  Pesan yang paling diingat oleh Kyle adalah “Genesys adalah Skynet”.  Dan akhirnya, Sarah dan Kyle memutuskan untuk pergi ke tahun 2017 tersebut.

Di tahun 2017, sebuah perusahaan IT menguasai sistem operasi Gadget dan IoT (Internet of Thing) bernama Genesys.  Dalam hitungan jam, Genesys akan meluncurkan OS terbaru, sebuah software berisi program jahat yang akan memperngaruhi semua sendi kehidupan manusia.

Terminator V-Genisys (2015)

Saat Sarah Connor dan Kyle Reese masih dirumah sakit, datanglah John Connor dari tahun 2019.  John Connor meyakinkan ibunya, Sarah Connor bahwa dia selalu ingat pesannya, yaitu “Survive” apapun caranya. Saat ketiganya mau melarikan diri dari Rumah Sakit, John Connor memanggil ayah kepada Kyle. Betapa terkejutnya Kyle Reese, dan baru menyadari bahwa alasan dia dikirim ke tahun 1984 bertujuan agar John Connor terjamin keberadaannya.

Tak berapa lama, T-800 tua datang dan langsung menembak John Connor. Dan alangkah terkejutnya Sarah Connor dan Kyle Reese, tapi keterkejutan itu tidak lama, karena John Connor tidak mati dan segera bangkit berdiri.  John Connor adalah robot canggih integrasi manusia dengan nanobot yang disebut T-3000.

John Connor dikirim oleh T-5000 untuk menjamin Skynet tetap aktif dan aman.  John Connor yang dulunya adalah penyelamat manusia, justru berbalik menjadi musuh manusia.  Sarah Connor, Kyle Reese dan T-800 Tua, bersama-sama melawan John Connor dan berhasil menghancurkan Skynet atau Genesy. Karena Genesys adalah Skynet dan Skynet adalah Genesys.

Film Terminator Genesys merupakan film yang kompleks dengan alur cerita yang rumit. Apabila tidak menyaksikan seri sebelumnya, dijamin pasti bingung, ini ceritanya kemana. Dan karena aku mengikuti semua filmnya, maka tidak sulit memahami apa yang ada dalam cerita Terminator Genesys ini. Selamat menikmati.

Video lainnya yuk tonton disini, Artikel lain baca disini.

Tinggalkan Balasan